
Jakarta, 26 Maret 2025 – Menyambut arus mudik Lebaran 2025, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya telah menyiapkan 216 lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan total 375 charger yang tersebar di berbagai titik strategis.
Beberapa rest area utama di wilayah PLN UID Jakarta Raya yang telah dilengkapi dengan SPKLU yaitu Rest Area KM 6B Jakarta – Cikampek, Rest Area KM 7 Bintaro, dan Rest Area KM 10A Jagorawi. Layanan SPKLU PLN ini beroperasi 24 jam, memastikan pemudik dapat melakukan pengisian daya kapan saja selama perjalanan.
Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pengguna kendaraan listrik, PLN UID Jakarta Raya juga menyiagakan petugas pendamping di SPKLU yang siap memberikan bantuan jika terjadi kendala dalam proses pengisian daya.
Selain itu, PLN telah menghadirkan Fitur Trip Planner di Aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan pemudik dalam merencanakan perjalanan. Fitur ini membantu pengguna kendaraan listrik dalam menemukan lokasi SPKLU terdekat, memperkirakan jarak tempuh, serta memastikan kendaraan selalu memiliki daya yang cukup sepanjang perjalanan mudik.
“PLN berkomitmen untuk terus mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan adanya 375 EV charger di Jakarta dan sekitarnya, serta dukungan layanan 24 jam, kami memastikan perjalanan mudik dengan kendaraan listrik semakin nyaman dan aman,” ujar General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran.
Pengelola Rest Area KM 6B mengapresiasi langkah PLN memberikan layanan terbaik bagi pengguna kendaraan listrik.
“PLN telah 100% mendukung pengelola rest area dalam menghadirkan fasilitas SPKLU. Hingga saat ini, belum ada keluhan dari pengguna, dan mereka merasa sangat terbantu dengan keberadaan layanan ini,” kata Marketing Pengelola Rest Area KM 6B, Maris Pandi.
Sementara itu, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pondok Gede, Yusra Helmi, menambahkan bahwa PLN terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan, terutama dalam masa mudik yang menjadi momentum penting bagi masyarakat.
“Kami memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan dan layanan SPKLU di wilayah kami, termasuk kesiapan teknis dan petugas yang siaga 24 jam. Dengan layanan ini, pemudik yang menggunakan kendaraan listrik dapat merasa lebih tenang selama perjalanan,” ujar Yusra Helmi.
Sebagai bentuk layanan prima, PLN juga menyediakan hotline khusus SPKLU yang dapat diakses melalui nomor 08777-11-12-123 jika pemudik mengalami kendala saat pengisian daya kendaraan listrik.
Dengan berbagai kesiapan ini, PLN berharap masyarakat yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan listrik dapat menikmati perjalanan yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan menyenangkan.