
Jakarta, 30 Mei 2025 – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya terus memperkuat transformasi digital dalam pelayanan kelistrikan melalui berbagai inovasi, salah satunya fitur SwaCAM (Swadaya Catat Meter) di aplikasi PLN Mobile. Fitur ini disosialisasikan langsung oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cengkareng kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Duri Kosambi dan Batu Ceper, sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi digital dan kenyamanan pelanggan dalam mengelola tagihan listrik.
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Moch. Andy Adchaminoerdin, menyampaikan bahwa fitur SwaCAM merupakan bentuk nyata dari komitmen PLN dalam memberikan kontrol lebih besar kepada pelanggan atas penggunaan listrik mereka.
“Kami ingin pelanggan merasa lebih mandiri dan percaya diri dalam mengelola konsumsi listriknya. Melalui SwaCAM, transparansi dan akurasi menjadi lebih terjaga, dan semua bisa dilakukan hanya dari genggaman tangan,” ujar Andy.
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Moch. Andy Adchaminoerdin menambahkan transformasi digital bukan hanya soal teknologi, tapi juga soal membangun kepercayaan dan kenyamanan pelanggan.
“Sosialisasi seperti ini adalah langkah penting untuk memastikan semua pelanggan bisa merasakan manfaatnya secara langsung,” tambah Andy.
Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara door to door oleh tim PLN UP3 Cengkareng yang dipimpin langsung oleh Manajer UP3 beserta jajaran. Mereka menyambangi rumah-rumah pelanggan untuk memberikan panduan praktis penggunaan fitur SwaCAM, sekaligus menjawab pertanyaan dan memberikan pendampingan langsung.
Manager PLN UP3 Cengkareng, Robin Septavyn, menegaskan pentingnya edukasi langsung kepada masyarakat agar fitur digital seperti SwaCAM dapat dimanfaatkan secara optimal.
“Melalui SwaCAM, pelanggan memiliki kontrol yang lebih besar terhadap penggunaan listrik mereka. Ini sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan layanan yang lebih transparan dan berbasis teknologi,” jelas Robin.
Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keakuratan pencatatan meter sebagai dasar perhitungan tagihan listrik.
PLN mengimbau seluruh pelanggan untuk segera mengunduh atau memperbarui aplikasi PLN Mobile dan memanfaatkan fitur SwaCAM setiap bulan, tepatnya pada tanggal 23 hingga 27, untuk memasukkan angka meter secara mandiri. Selain meningkatkan efisiensi, langkah ini juga memperkuat integritas sistem ketenagalistrikan nasional.
Melalui kegiatan ini, PLN UID Jakarta Raya menegaskan komitmennya untuk terus hadir di tengah masyarakat, tidak hanya sebagai penyedia listrik, tetapi juga sebagai mitra yang aktif mendukung gaya hidup digital dan berkelanjutan. Sosialisasi dan edukasi akan terus dilakukan secara rutin demi mewujudkan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan menjadikan PLN sebagai perusahaan #1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi.