bantuan untuk palestina

BRTV –  Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan pemerintah untuk Palestina dan Sudan. Sumbangan ini diberikan dengan nilainya masing-masing 1 juta USD atau total sekitar Rp 30 Miliar. 

Jokowi melepas paket bantuan berupa obat obatan dan fasilitas kesehatan dari Pangkalan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Rabu pagi, 3 April 2024. 

Pelepasan dilakukan dari Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu pagi. Menurut Presiden, bantuan ditujukan ke Mesir dan Sudan. 

Untuk bantuan yang diberangkatkan ke Mesir akan diberikan kepada pengungsi Palestina yang berada di negara itu.

Sementara itu, bantuan yang diberangkatkan ke Sudan akan diberikan untuk warga terdampak konflik internal di negara tersebut.

“Pemerintah Indonesia terus berkomitmen menjaga perdamaian dunia dan aktif dalam visi misi kemanusiaan,” Ujar Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian mengungkapkan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto akan memimpin langsung pengantaran bantuan ke Mesir dan Sudan.

 “Akan diantar langsung dan dipimpin Kepala BNPB Pak Suharyanto,” kata Jokowi. 

Turut hadir mendampingi Presiden saat pelepasan bantuan, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Kepala BNPB Suharyanto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Pengiriman bantuan ini menyusul keberangkatan Tim Aju ke Kairo, Mesir dipimpin oleh Brigjen Pol (Purn) Ary Laksmana Widjaja dan Port of Sudan dipimpin oleh Brigjen TNI Lukmansyah.

Pemberangkatan Tim Aju tersebut bertugas untuk melakukan koordinasi dengan pihak otoritas di Sudan dan Mesir dengan bantuan KBRI Khartoum dan KBRI Kairo dalam rangka kesiapan delegasi Indonesia yang akan membawa bantuan kemanusiaan untuk warga Sudan dan Palestina melalui Pemerintah Mesir.

Bantuan yang dikirim merupakan permintaan dari kedua negara tersebut. Permintaan dari Pemerintah Mesir ditujukan untuk membantu penanganan kesehatan rakyat Palestina yang saat ini banyak mengungsi di Mesir.

Pemerintah menyerahkan bantuan kali ini menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) yang ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Skema bantuan yang disalurkan melalui DSP bisa dilakukan untuk bencana di luar negeri dengan persetujuan melalui Rapat Koordinasi Tingat Menteri dan Kementerian Luar Negeri.

Baca juga: Jokowi Nikmati Udara Pagi Bersama Menteri di IKN

Redaksi: Anggita Ayu Satiti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *