kondisi pasien RSUD pasca gempa di Sumedang
Pasien RSUD Kabupaten Sumedang dipindahkan ke tempat parkir pascagempa bumi

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 20.34 WIB. Titik gempa bumi berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 5 kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung melansir gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang, Lembang, Subang, Bandung, hingga Garut.

“Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” ungkap BMKG dalam keterangannya.

Sebelumnya, gempa juga mengguncang Sumedang dengan pusat gempa di titik yang sama pada siang tadi, pukul 14.35 WIB. Kekuatan gempa siang tadi magnitudo 4,1. Gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang dan sekitarnya. Di antaranya, di wilayah Cileunyi hingga Cicalengka dan Garut.

Hingga pukul 20:55 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempa bumi yang dirasakan di wilayah ini. BMKG meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Akibat gempa bumi susulan yang mengguncang Sumedang itu, membuat masyarakat cemas dan khawatir dengan adanya gempa yang lebih besar.

Selain itu, BMKG juga menyarankan agar masyarakat terus memantau perkembangan situasi dengan memperhatikan informasi yang disampaikan oleh lembaga tersebut. 

Mereka terus mengingatkan agar masyarakat selalu waspada, mengingat bahwa kondisi bisa berubah kapan saja. 

Meskipun data terkini masih dapat berubah, tetapi tindakan pencegahan dan persiapan tetap harus diambil sebagai langkah antisipasi menghadapi potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

Baca juga: Pemprov DKI Putuskan Rusunawa Gratis Hingga Juni 2024

Redaksi: Afla Nabila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *